BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Komunikasi
sangat dibutuhkan dalam menjalin hubungan sosial di lingkungan masyrakat. Syarat
terjadinya interaksi yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Komunikasi
dapat berlangsung darimana saja baik secara langsung maupun tidak langsung. Misalkan
dengan menggunakan media komunikasi berupa
telpon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan handphone yang
saat ini sedang trend di masyarakat. Fungsi utama handphone sebagai alat
komunikasi kini sudah mulai bergeser. Dahulu handphone hanya digunakan untuk
menelpon ataupun dengan menggunakan SMS (Short Message Service) untuk
menyampaikan pesan. Namun sekarang dengan kemajuan ilmu pengetahuan dibidang
teknologi yang semakin hari semakin pesat, handphone telah berkembang modern,
baik kehandalan, fasilitas fitur seperti adanya musik MP3, kamera, 3G, dan
fitur-fitur lainnya yang terus ditingkatkan untuk memanjakan penggunanya.
Perkembangan
teknologi yang semakin canggih memberikan dampak terhadap masyarakat Indonesia
seperti bertambah banyaknya pengguna handphone setiap harinya. Dahulunya
handphone merupakan barang langka dan mewah, hanya kalangan ekonomi atas saja
yang dapat memilikinya. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin
mutakhir menjadikan handphone sebagai barang primer yang mudah dibeli. Saat ini
handphone telah menjadi alat komunikasi yang penting dan digemari oleh berbagai
kalangan masyarakat, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Handphone kini
sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat yang kepemilikannya bukan
didasari oleh fungsi utamanya handphone itu sebagai alat komunikasi namun fitur
dan harga menjadi pertimbangan dasar dalam pemilihan merek sebuah produk.
Begitu
populernya handphone telah menjadikannya barang yang sangat dicari oleh masyarakat.
Para produsen berlomba menciptakan produk dengan berbagai jenis merek dengan
harga terjangkau. Banyak masyarakat tertarik membeli dan mengikuti keluaran
handphone terbaru. Sebagian kelompok masyarakat di Indonesia menganggap bahwa
handphone dengan harga mahal dapat menunjukkan identitas diri mereka. Kepopuleran
handphone telah membuat alat komunikasi ini menjadi trend kebutuhan dan gaya
hidup masyarakat Indonesia.
Begitu
banyaknya vendor-vendor yang menawarkan berbagai macam kecanggihan fitur-fitur
produk mereka, membuat masyarakat semakin tertarik untuk membeli dan selalu
mengikuti tren arah perkembangan teknologi. Tuntutan akan kebutuhan akses yang
cepat dan mudah tanpa terbatas oleh ruang dan waktu membuat produsen
telekomunikasi bersaing melakukan inovasi baru salah satu menciptkan alat
komunikasi yang praktis yaitu smartphone. Perkembangan smartphone telah
merevolusi perangkat mobile. Smartphone menggabungkan fitur handphone dan fitur
komputer sehingga memperluas fungsi handphone konvensional. Selama periode yang
cukup singkat smartphone telah berubah dari sebuah gaya yang terkesan mahal
menjadi kebutuhan yang harus dimiliki.
Menjamurnya
pasar smartphone membuat persaingan semakin ketat. Ketatnya persaingan membuat
para pemasar berupaya memberikan produk dengan kualitas, fitur, dan harga. Dampak
positifnya adalah masyarakat semakin terjangkau dengan harga smartphone yang
beredar saat ini. Salah satu vendor terlaris di pasaran saat ini adalah BlackBerry.
BlackBerry
pertama kali diperkenalkan pertengahan Desember 2004 oleh
operator Indosat dan perusahaan Starhub.Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan
utama BlackBerry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan segala hal
teknis mengenai instalasi BlackBerry melalui operator Indosat. Indosat
BlackBerry menyediakan layanan BlackBerry Internet Service dan BlackBerry
Enterprise Server. Menurut pakar internet Indonesia Onno Purbo seperti yang
dikutip BBC pada tahun 2011 lalu,
dia mengatakan bahwa, “popularitas BlackBerry juga didukung oleh desainnya yang
unik, lucu serta menarik.Hal tersebut membuat orang semakin PeDe ketika
memakainya”.
BlackBerry
berhasil menggeser ponsel konvensional yang ada. Dari segi harga, perangkat ini
juga lebih murah dibandingkan dengan Iphone yang juga sama-sama di pasarkan di
Indonesia pada saat yang bersamaan. Menurut Patrick Spence, RIM Global Sales
Chief, dikutip Reuters beberapa waktu lalu mengatakan bahwa, “RIM tetap
mempertahankan pola penjualan serta produksi dengan tujuan untuk membantu
orang-orang yang akan bermigrasi dari ponsel lama ke dunia smartphone dan
BlackBerry adalah jembatannya”. Salah satu alasan masyarakat lebih menyukai
produk RIM daripada handset dari vendor lainnya adalah terdapatnya fasilitas
BBM. Penggunaan fasilitas SMS, MMS, dan EMS di Indonesia memang cukup menguras
pulsa, oleh karena itu fasilitas di dalam BlackBerry tersebut menjadi salah
satu alternatif untuk menghemat pulsa. Saat ini hampir tidak mungkin menemukan
ruang yang tidak ada pengguna BlackBerrynya. Ini terbukti dari analisis lembaga
analisis pasar GFK, menyebutkan bahwa hingga triwulan tiga 2012, sebanyak 4,5
juta BlackBerry terjual di Indonesia. Angka penjualan BlackBerry tercatat
paling tinggi dibandingkan smartphone lain di Indonesia. Pertumbuhan penjualan
BlackBerry tampaknya didorong oleh ketersediaan BlackBerry entry level seperti
BlackBerry 8520 (Gemini), Blackberry 9220 dan Blackberry 9320. Diluar
BlackBerry GSM, belakangan juga marak BlackBerry CDMA yang harganya jauh lebih
murah. Di sisi lain, menjamurnya komunitas publik terbentuk karena kesamaan
minat, profesi, aktivitas keseharian, serta kebutuhan akan up date informasi
juga ikut mempengaruhi pilihan atas suatu gadget. Sejauh ini BlackBerry mampu
memenuhi kebutuhan itu. Blackberry Messenger (BBM) dan BlackBerry Internet
Services (BIS) menjadi unggulan BlackBerry hingga saat ini dan belum
terkalahkan oleh produk lain. Apa yang dimiliki BlackBerry hingga saat ini dan
belum terkalahkan oleh produk lain. Apa yang dimiliki BlackBerry sangat
menopang kebutuhan pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia yang tengah
deam berjejaring sosial atau menggunakan media sosial. Kenyamanan yang
ditawarkan BlackBerry memang belum tergoyahkan sekalipun bermunculan smartphone
dengan sistem operasi baru.
1.2.
Rumusan
Masalah
Rumusan
masalah dalam penelitian ini :
Apakah gaya
hidup, harga, dan harga berpengaruh dalam keputusan pembelian handphone
BlackBerry pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Depok?
1.3.
Batasan
Masalah
Batasan
masalah pada penelitian ini adalah variabel yang mencakup variabel gaya hidup,
harga, dan fitur serta keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Depok. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 60 responden. Sedangkan waktu penelitian yang dijadwalkan hingga
rampung hasil penelitian ini diperkirakan kurang lebih lima bulan dimulai dari bulan Maret samapai dengan bulan Juli tahun 2013.
1.4.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
Penelitian
1.
Untuk mengetahui faktor gaya hidup,
harga, fitur yang mempengaruhi keputusan pembelian handphone BlackBerry pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Depok.
2.
Untuk mengetahui faktor apa yang dominan
dalam melakukan keputusan pembelian di antara variabel gaya hidup, harga, dan
fitur yang mempengaruhi keputusan pembelian handphone BlackBerry.
1.5.
Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat penelitian
yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Manfaat akademis
a.
Manfaat akademis dari penilitian bagi
peneliti adalah :
Melalui penelitian ini diperoleh
data-data yang digunakan sebagai bahan penyusunan Penelitian Ilmiah yang
merupakan salah satu syarat kelulusan di Fakultas Ekonomi, Universitas
Gunadarma.
b.
Manfaat akademis dari penelitian bagi
Universitas adalah :
Melalui penelitian ini digunakan sebagai
bahan kajian penelitian dalam penyusunan Penelitian Ilmiah bagi mahasiswa
Universitas Gunadarma, Fakultas Ekonomi.
2.
Manfaat Praktis
a.
Manfaat praktis penelitian bagi konsumen
handphone adalah :
Sebagai bahan pertimbangan konsumen
dalam rangka menentukan strategi pengambilan keputusan pembelian
handphone,terutama konsumen harus memperhatikan hal-hal atau atribut apa saja
yang dianggap penting agar konsumen merasa puas.
b.
Manfaat praktis dari penelitian bagi
produsen handphone adalah
Sebagai bahan pertimbangan produsen dalam rangka
menemukan strategi pengambilan keputusan pembuatan handphone, terutama produsen
harus memperhatikan hal-hal atau atribut apa saja yang dianggap penting agar
produsen dan konsumen puas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar