Pembelian Yang Berkaitan Dengan Perilaku
Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku yang
konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur
barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Definisi
lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dananya yang terbatas
seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi
dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Pemasaran wajib memahami konsumen,
seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil
keputusan.
Alasan mempelajari perilaku konsumen antara
lain:
1. Analisis ini akan
membantu para manajer untuk :
·
Mendesain bauran
pemasaran
·
Mensegmen pasar
bisnis
·
Memposisikan dan
mendiferensiasikan produk
·
Melaksanakan analisis
lingkungan
·
Mengembangkan studi
riset pasar
· Perilaku konsumen
harus memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan publik
· Studi terhadap hal
ini akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
·
Analisis konsumen
memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
·
Studi perilaku
konsumen juga memberikan tiga jenis informasi :
Ø Orientasi konsumen
Ø Fakta-fakta tentang
perilaku manusia
Ø Teori-teori yang
menjadi pedoman proses pemikiran
Terkait dengan perilaku konsumen, maka
terkait pula dengan prinsip 5W + 1H :
1. Why
: mengapa mendapatkan barang atau jasa tersebut ?
2. What :
berupa apa barang atau jasa tersebut ?
3. Who
: siapa yang mendapatkan barang atau jasa itu ?
4. When :
kapan bisa didapatkan barang atau jasa tersebut ?
5. Where :
dimana barang atau jasa tersebut bisa didapatkan ?
6. How :
bagaimana barang atau jasa tersebut didapatkan ?
Berikut adalah contoh kasusnya :
Anggun Maharani, mahasiswa Universitas
swasta terkenal di Bekasi dan ia juga bekerja di sebuah bankswasta di Bekasi
(Who) ingin membeli (How) laptop (What). Ia ingin membelinya karena mudah untuk
dibawa-bawa (Why). Ia berencana membelinya akhir bulan depan setelah menerima
gajinya (When) dipusat perdagangan komputer di daerah Mangga Dua (Where).
Mempelajari 5W + 1H ini merupakan inti dari perilaku konsumen.
o Menurut James F.Angel – Roger D.Blackwell – Paul
W.Miniard terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu :
1. Pengaruh lingkungan,
terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi sebagai dasar utama perilaku konsumen
adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu
dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan
yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor
tersebutdiatas.
2. Perbedaan dan pengaruh
individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya
hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupakan faktor internal
(interpersonal) yang menggerakan serta mempengaruhi perilaku. Kelima foktor
tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
3. Proses
psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap
danperilaku. Ketiga
faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor
yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian.
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id
Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
BalasHapuspinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly